Rss Feed

1001 Kisah Kelas Dzikir



Masih dengan anak-anak ajaib saya, kali ini fragmen berada di kelas Agama (yes, you didn’t read that wrong, haha), saat saya tengah mengajarkan tentang dzikir. 


Saya      : Coba, kapan sih harusnya kita baca istigfar?

Irsa        : Pas lagi marah, nci! Kan mamak selalu bilang, istigfar istigfar..

Saya      : Baguusss! Sekarang, kalau tahmid, kapan harusnya dibaca?

Edil        : Kalau habis dapat rezeki, nci!

Alia        : Kalau kenyang, nci! Habis makan, sendawa, trus bilang Alhamdulillaaahh *elus-elus perut

Saya      : Nah, kalau tasbih kapan dibacanya?

Afdal     : Saya tau, nci! Pas lihat cewek cantik, nci, kita bilang subhanallaaaaah *sambil geleng-geleng kepala

Saya      : Oh okesip *ya bener juga sih, tapi kan ya banyak contoh lain yak   *langsung mengalihkan topik 

Ini ustadz-ustadz kecil saya :)

Tak lama setelah itu, saya meminta mereka mempraktikkan membaca dzikir setelah sholat dengan menggunakan ruas jari, satu persatu saya hampiri mereka. 


Saya      : Fauzan, coba praktekkan baca tahlil!

Fauzan : La ilaha illallah,  la ilaha illallah,  la ilaha illallah *dan seterusnya

Saya      : Nah, coba sekarang Edil, coba praktekkan baca takbir!

Edil        : Takbir, takbir, takbir, takbir, .... *pasang muka sholeh sambil menunjuk ruas jari

Saya      : *terdiam   *merasa gagal sebagai guru agama



Esoknya, saya menanyakan mereka tugas yang saya berikan untuk mempraktekkan zikir setelah mereka sholat Maghrib di mesjid. 


Saya      : Hayooo, siapa yang kemarin sudah mempraktekkan berdzikir setelah sholat?

Fadel    : Saya, nci! Habis sholat maghrib dan isya! Semua 33x!

Saya      : Hebat Fadel! Bagaimana dengan yang lain?

Rahmat : Saya tidak, nci!

Saya      : Kenapa tidak?

Rahmat : Sibuk saya, nci! Tak ada waktu untuk berdzikir! *muka serius

Saya      : *menelan ludah   *saya punya calon eksmud nampaknya

 

2 comments:

Nanche said...

huahahhaa.. lucu ya anak-anak, stock sabar lo mesti banyak nih Va!!

eve said...

Kalo lagi lucu iya lucu banget Nce, tapi lebih sering bikin encinya pengen cakar-cakar dinding sekolah. Haha..