Rss Feed

Karena Kelas IPA Biasa Terlalu Mainstream


Scientist is cool, isn't it girls? :)


Di suatu siang yang cerah, dalam kelas kami yang senantiasa ceria.
Ini adalah recalling pelajaran tentang gaya dan energi,

Saya      : Coba kasih nci contoh sumber energi panas!
Fauzan : Matahari!
Saya      : Bagus! Apa lagi coba?
Edil        : Maces (maksudnya matches, korek api – red)!
Irsa        : Lilin!
Alia        : Kompor!
Saya      : Betul semua. Maces, lilin, kompor, itu sumber panasnya sebenarnya di api-nya yaa. Ada contoh lain lagi?
Dallo     : Rica (cabe – red), nci! Kalau kita makan, kita kepanasan kan, nci? *sambil akting kepedesan dan kipas-kipas
Saya      : *urrrmmm   *bisa jadi bisa jadeeeeeee


Lanjut lagi belajar tentang gaya gravitasi, yang berlanjut ke sesi tanya jawab bebas dan mengkhayal,

Saya      : Blablablaa ... (cut!)
Nah, ada yang pernah lihat di TV bagaimana astronot berjalan kalau di bulan?
Fauzan : Iya pernah liat, nci! Pernah liat di video. Jalannya melayang-layang.
Edil        : Habis jalan-jalan, trus mereka tancap bendera di bulan, nci!
Saya      : Hebat Fauzan sama Edil masih ingat yaaa.. Di bulan jalannya melayang karena sudah semakin jauh dari gravitasi bumi.
Dallo     : Nci, papak saya pernah ke bulan!
Saya      : Ohyaa? Kapan? Sama siapa? *antusias   *horee ada anak astronot di kelas sayaa
Dallo     : Ada waktu itu nci, pergi baambe’ (mengambil) ikan.
Saya      : *baiklaaahh   *baru tau di bulan banyak ikan   *baru ngeh kalau Bulan itu nama desa di sini


Sesi tanya jawab berlanjut,

Irsa        : Eh nci, gimana sih rasanya pake baju astronot? Apa mereka tidak kepanasan ketutup begitu semua, nci?
Saya      : Wah, nci juga tidak tahu karena belum pernah pake baju astronot. Ayo jadi astronot, biar tahu rasanya!   *I just couldn’t find a better answer, haha
Fauzan : Nci, kenapa cuma di bumi yang ada gravitasi?
Saya      : Masing-masing benda langit punya gaya gravitasinya dan kekuatannya sendiri-sendiri, Ucan. Jadi tidak cuma bumi saja yang punya gaya gravitasi. Cuma, karena kita tinggal di bumi, kita seringnya jadi bilang gravitasi bumi.   *a very smart question, indeed!
Alia        : Nci, kalau itu pesawat naik teruuuuus ke atas, bisa mati dong orangnya!
Saya      : Kalau pesawat hanya terbang di lapisan udara yang masih ada di sekitar bumi, Alia. Jadi di sana memang masih ada oksigen, hanya lebih tipis dan tekanan udaranya tinggi. Nah, sebelum istirahat, nci kasih waktu untuk satu pertanyaan lagi ya. Masih ada yang mau tanya? *ahhh, senangnya punya anak-anak kritis


Hening sebentar.

Edil        : Nci, apa betul di bulan ada bendera?
Saya      : *ebuseeettt   *bener-bener pertanyaan pamungkas dan ultimate! 


0 comments: