Rss Feed

Expertise..

 
If you can pick a choice, being talented on one thing only but you’re damn good at it, or being such a real multitalented person but no one thing you are expert in, which one will you choose?

Saya, merasakan sendiri menjadi orang jenis kedua itu. Saya bisa melakukan hampir segala jenis.

Saya bisa bermain gitar… Saya bisa bernyanyi dengan sangat baik... Saya pernah setahun belajar bermain piano dan keyboard... Saya bisa memainkan harmonika, rekorder, dan suling… Saya pernah bergabung dalam tim marching band memainkan snare drum…

Saya bisa bermain voli... Saya masih bermain basket dengan rutin... Saya pernah menjuarai turnamen squash... Saya dulu sering main tennis meja kala kuliah... Saya bisa melakukan wall climbing dengan cukup baik... Saya pernah rutin melakukan aerobik... Saya bermain bulutangkis sejak kecil... Saya sempat belajar tennis lapangan... Terkadang saya juga bermain futsal, fitness, dan jogging...

Di waktu senggang saya bermain DoTA... Saya kini bisa memasak dengan cukup baik... Saya pernah mengalahkan para pria di turnamen air soft gun... Saya bisa bermain kartu dan bridge... Saya bisa bermain billiard... Saya bisa bermain catur... Saya mengerti dasar dan basic fotografi... Saya menikmati snorkling di kala libur... Saya cukup mahir melakukan diving...

Saya bisa menari dengan baik, tari tradisional, sedikit balet, dan tari kontemporer... Semasa kuliah saya aktif melukis untuk konsumsi sendiri... Saya sempat mencari duit dengan mengikuti lomba menulis... Sejak kecil saya mencintai karya tulis ilmiah dan statistik… Saya seringkali menjuarai lomba mengarang prosa dan puisi…

Dulu semasa sekolah nilai saya selalu memuaskan di semua bidang pelajaran, dari sains, sosial, dan olahraga… Semasa kuliah saya mengambil jurusan teknik industri dimana saya belajar semua aspek mulai dari ekonomi, mesin, fisika, statistik, psikologi, bisnis, komputer... Setelah lulus saya bekerja di konstruksi dimana saya mendalami civil, machine, piping, dan listrik...

Well, there’s nothing that I can’t do apparently. Tapi sebenarnya, tak ada sama sekali bidang di atas yang benar-benar saya tekuni hingga menjadi expert. Dan kalau ditanya apa bakatmu sebenarnya, saya justru tak bisa menjawab sama sekali. Saya ini tipe orang yang suka belajar, I guess. Saya menikmati proses belajar dan mendalami hal-hal baru. Saya selalu antusias menemukan hal-hal yang unik dan baru. Tapi setelah saya bisa melakukan sesuatu, antusiasme ini hilang. Saya tak lagi tertarik mendalami. Saya tak lagi menemukan tantangan.

Tapi katanya, orang sukses adalah orang yang mencintai dan bisa mendalami suatu bidang sampai mahir. Dan bahwa kemampuan yang setengah-setengah tak akan membawa kita kemana-mana, atau ke pencapaian yang luar biasa. Saya sendiri selalu penasaran bagaimana rasanya bisa benar-benar mahir dalam sesuatu. Yang jadi pakar, ahli, dan master, yang jadi tempat belajar dan bertanya orang-orang. How is it like? Pasti gagah jika diundang berbicara di seminar membawakan satu bidang expertise.

Dan heyyy, coba perhatikan di reality contest yang banyak di TV saat ini. Apakah mereka yang menang American Idol dan sukses jadi penyanyi adalah orang yang hanya setengah mampu bernyanyi? Tidak, mereka bernyanyi dengan spektakuler. Apakah mereka yang memenangkan Masterchef adalah mereka yang diwaktu belajar memasak setengah-setengah? Tentu tidak, memasak adalah passion terdalam dan cita-cita mereka. Apakah mereka yang memenangkan Got to Dance adalah orang yang belajar menari dengan setengah-setengah? Sama sekali tidak, mereka mencintai, mendalami, berlatih, berlatih, dan berlatih. Apakah juri dan penonton peduli misalnya, jika ada peserta Masterchef yang selain bisa memasak juga bisa menyanyi dan menari? I dont think so. Yang mereka mau lihat adalah peserta yang memasak dengan dashyat, that’s all.

Mungkin someday, akan ada satu bidang yang kelak saya dalami. Kata orang, there must be one thing you’re good at. Doakan saja.


10 comments:

dungdangdung said...

ah ini sih mau pamer namanya :D 5 paragraf isinya skill personal semua, wkwkwkwk...

meskipun gw ga sebanyak elo skillnya, but more or less apa yg kita rasakan sama. jgn2 kita emang bukan orang calon sukses :p

ah sebodo amat, yg penting gw hepi dgn yg bisa gw lakuin. isn't that enough? paling ga lo dikenal sbagai orang yg serba bisa.

eve said...

Hahaha, yes Im proud of being capable of those stuffs! Itu kan proses belajar semua,, hehe..

Hmm kalo bukan calon orang sukses, saya punya second plan, kak,, jadi istrinya orang sukses *guhbraaaakkk*

Anonymous said...

There IS one thing you're really good at.
Writing, Va ! :) _nila-

dungdangdung said...

masa gw jadi suaminya orang sukses??? wkwkwkwkw... benalu abiiis..

eve said...

@Nila: Hihi makasih Nil.. Mana nih gw menunggu debut blog lo, dengan segudang isi pikiranmu yang "tak biasa" itu, hehehe..

eve said...

@ka Gadang: Itu kan plan saya kak.. Kalo kak Gadang mah sekarang aja udah sukses lah kayaknya, udah sampe London kan? hehe..

AdiaT said...

narsis abissss.....

tengil lo va:p

eve said...

Narsis itu wajib hukumnya bay :)

Anonymous said...

yup, pick one and dig it! mesti va mendalami satu bidang...tau banyak jadi suplemen aja...heehe

eve said...

On my way, to... hehe..